Sabtu, 10 Desember 2011

7 Jurus Ampuh Membuat Poster


Poster. Kamu pasti kenal soal hal yang satu ini, kan? Di koran, di jalan, di kantor, rumah sakit, sekolah, atau bahkan di pos gardu tempat para hansip tidur, seolah menjadi tempat favorit buat nampilin karya seni yang satu ini. Ya.., dunia ini penuh dengan poster! Pasti ada alasan khusus mengapa poster begitu meng-influent bumi kita ini. Yap, jawabannya tak lain dan tak bukan adalah karena poster merupakan media yang sangat efektif untuk berkomunikasi! Mungkin masih banyak yang nganggep tulisan adalah media komunikasi terbaik saat ini. Lalu banyak juga yang nganggep gambarlah sarana komunikasi yang terbaik (mereka bilang gambar bisa berbicara lebih dari 1000 kata). Dan, apa kalian tau kalok dua kekuatan besar tadi disatukan? Pinter! hasilnya… tarraaa.. P.O.S.T.E.R.!!! (yeah!)
Nggak hanya para seniman gondrong, atau ahli yang bisa manfaatin dua kekuatan terbesar tadi, tapi kita, orang biasa yang bla..bla..bla.., dan bla.., bisa dapetin dua kekuatan super itu! Gimana caranya??? Oke, nggak cuma jago kotek, ARSITEKETEK punya jurus ampuh yang langsung bisa buat praktek!!! Gini caranya :
1.     Tentuin Tema
Tema adalah hal pokok yang menjadi dasar tentang bagaimana poster yang akan kalian buat. Contoh tema adalah: korupsi, pendidikan, global-warming, dll.
2.     Tentuin Pesan
Setelah tema, jangan lupa tentuin pesan (tentunya ya yang ada hubungannya sama tema). Mulailah dengan pertanyaan yang kira-kira kayak gini: “Gue mau nyampaiin pesan apa ya lewat poster ini?”
3.     Tentuin Target
Habis itu, kalian juga harus menentukan sasaran dari poster kalian. Bisa anak-anak, remaja, dewasa, mbah-mbah, tukang, pejabat, penjual sayur, atau para supir angkot juga bisa jadi target sasaran poster kalian.
4.     Tentuin Konsep
Ijin pamer posterku yang karena BERKAT TUHAN,
tahun 2010 yang lalu bisa dapet medali emas di
Festifal dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N)
Sederhana ya?





Konsep di sini ngomongin tentang gimana gambar, tulisan, dan warna yang akan kalian gunakan di dalam poster kalian.
5.     Tentuin Gambar
Gambar dalam poster itu sebaiknya sederhana, simple, dan jangan rumit-rumit atau detail. Sederhana tapi menarik, itulah poster.
6.     Tentuin Tulisan
Gambarnya sederhana, tulisannya juga harus sederhana! Maksudnya tulisan dalam poster harus berisi kalimat yang padat, singkat, efektif, dan satu lagi.., menusuk! (uhuk)
7.     Tentuin Warna
Jangan sampai poin di atas menjadi sia-sia cuma gara-gara salah pilih warna. Warna yang digunakan bebas, tergantung dari “suasana” dan “aura” apa yang pengen kalian keluarin lewat poster kalian. Dan untuk warna background, sebaiknya jangan “ngalahin” warna gambar utama dan tulisannya.
Well, itu tadi trik maut bikin poster dari ARSITEKETEK. Inget, poster itu:
1.       Sederhana dan menarik
2.       Punya pesan yang kuat
3.       Dapat pahami maksudnya secara cepat
Kalok ketujuh jurus maut tadi bener-bener di perhatiin dan dijalanin, niscaya anda akan bisa bikin temen anda melongo takjub, bikin guru senirupa anda terpaksa ngasih poin tinggi, dan bikin masyarakat luas ter-doktrin dengan poster anda! So, siap praktek?

4 komentar:

izin mengcopy gambar tikusnya ya...
buat poster

Izin copy gambar posternya ya buat tugas. ada namanya kok. makasih

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More